Anas15’s Blog

Just another WordPress.com weblog

KEUNTUNGAN INTERNET DENGAN LANGGANAN GPRS

  1. Bisa internetan di HP, yaitu dengan browser opera mini 4, ibaratnya dengan tiduranpun kita bisa internetan. Bisa juga internetan di PC ataupun di Laptop dengan HP sebagai MODEM. Dengan GPRS kita akan bisa internetan dimanapun dan kapanpun kita mau, asal ada sinyal Indosat (atau sinyal operator lain yang sesuai kartu yang kita pakai untuk internet via GPRS), dan syukur-syukur sinyalnya bener-bener kuat dan stabil, maka otomatis sinyal GPRS pun juga sama kuatnya (makin dekat BTS makin baik sinyalnya GPRS). GPRS ini adalah teknologi BTS yang 2G jadi dimanapun ada BTS Indosat atau yang lain, maka sinyal GPRS seharusnya juga ada, karena semua BTS itu minimal sudah 2G.
  2. Mudah untuk mengontrol pemakain data yang kita pakai, yaitu ada di Data Counter di HP yang kita pakai. Saran saya jangan gonta-ganti HP jika untuk ngenet sehingga catatan GPRS nya bisa nyambung terus, dan ketahuan sudah habis berapa. Untuk HP SE K750i caranya ngecek sebagai berikut. MENU-SETTING-CALL-TIME&COST-DATA COUNTERS, pada Data Counters ini akan terlihat ALL SESSION yang berisi SENT dan RECEIVED. Sent adalah data yang kita kirim (misal kita kirim email), sedang Received adalah data yang kita terima, umumnya akan lebih banyak data yang kita terima, apalagi kalau sering download. Satuan datanya dalam B, yaitu Byte. Data yang anda gunakan dan harus anda bayar adalah data jumlah dari SENT dan RECEIVED, jadi seperti saya yang punya kuota 250MB, itu di data counter akan tertulis total penjumlahan dari Sent dan Received adalah 250.000.000 B (sebenarnya di HP tidak ada tanda titiknya, saya beri untuk agar jelas pembacaannya). 250.000.000B = 250.000KB = 250MB.
  3. Kita bisa lebih berhemat, dengan menonaktifkan IMAGE, jika kita hanya perlu informasi TEXT saja, misal hanya baca berita, jurnal, email dll.
  4. Tidak perlu ke Warnet lagi, dengan demikian hemat waktu, dan kita tidak perlu mengkhususkan waktu hanya untuk ke warnet. Jika ngenet di rumah, bahkan kita bisa sambil melakukan kegiatan yang lain. Karena penggunaan GPRS adalah basis DATA sehingga kita tinggalpun tidak apa-apa, asal saat kita tinggalkan tidak dalam kondisi download data yang gede sehingga nantinya bisa melebihi kuota langganan GPRS. Jadi misal anda buka DETIK.com, setelah terbuka dan baca-baca sedikit, tiba-tiba anda harus mengerjakan sesuatu yang makan waktu lama, itu tidak masalah, karena kita hanya membayar data yang sudah kita pakai untuk membuka DETIK.com tadi.
  5. Anak-anak akan lebih aman kalau ngenet di rumah, karena bisa kita awasi langsung, atau kita install program khusus yang berfungsi untuk membatasi dan mengawasi penggunaan internet oleh anak kita.
  6. Lebih HEMAT, sebagai pembanding jika kita tidak langganan GPRS secara khusus, maka jika kita ngenet maka kena biaya GPRS yang umum, misal ada operator yang tarid GPRS nya Rp 10/kB, maka jika kita memakai 250MB berarti kita akan habis, Rp.10/kB X 250.000kB yaitu Rp 2.500.000. Mahal kan. (update 22/04/2008: Tagihan Matrix saya untuk GPRS kuota 250 MB, kemarin habis Rp. 1 juta lebih dikit, dan itu perhitungannya belum melebihi kuota 250MB, sehingga saya tetap saja hanya bayar Rp. 100.000,00 + pajak 10% (yaitu Rp. 10.000,00)

Maret 26, 2009 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: